Review Novel Clara's Medal oleh Oky Septya (Blogger Buku Indonesia)

Siapa bilang Fisika itu tidak menyenangkan? Saya sendiri menyukai Fisika lebih dari Matematika. Selain karena mudah dicerna Fisika itu banyak variasinya nggak seperti Matematika. Dengan membaca Clara's Medal saya melihat sisi lain dari Fisika, disini Fisika itu layaknya sebuah permainan yang seru dan menyenangkan. Andai saja sistem pengajaran fisika kita juga seperti program Fisika Asyik-nya Pak Bram pasti belajar fisika seasyik melakukan eksperimen ya.. Memang menjadi ilmuwan di Indonesia itu harus siap menderita, tapi membaca buku ini membuat saya yakin kelak ilmuwan Indonesia akan semakin kencang gaungnya.


Screenshot blog Oky (http://sinopsisuntukmu.blogspot.com)
 
 Banyak sekali insan-insan cemerlang di Indonesia tapi nggak pernah saya sangka bahkan mereka yang jenius fisika pun masih harus belajar mati-matian dan terus berusaha keras untuk menjadi peserta pilihan dalam Olimpiade Internasional Fisika. Memang hidup ini butuh kerja keras. Tapi melihat semangat para peserta rasanya berjuang keras itu menyenangkan sekali, apalagi kalau banyak temannya~ di FUSI mereka berjuang bersama, seperti fenomena kritis dalam fisika, dimana di FUSI peserta dikondisikan untuk bergerak bersama-sama pada situasi kritis untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang berbeda. Itu saya kutip dari Om Tyo, yang jelas konsepnya Mestakung (Semesta Mendukung) ini di analogikan layaknya teori Fisika.


Cara Feby Indirani merangkum kisah ini mengalir renyah, gurih dan meski tidak pedas tapi percikannya terasa disetiap kalimat. Dengan topik motivasi akademik inspiratif yang jarang diangkat, tentang kompetisi akan kompetensi anak bangsa yang dibungkus dalam balutan kisah remaja. Paragrafnya memotivasi tanpa menggurui. Membaca buku ini menyenangkan dan sama sekali tidak berat, jangan parno duluan karena buku ini bukan buku rumus, santai aja kawan. Clara's Medal cocok dibaca siapa saja yang menginginkan sedikit fiksi berbalut kompetisi. Layak dapat empat bintang dari saya!

Oky Septya - Blogger Buku Indonesia

Review selengkapnya bisa dibaca di blog Sinopsis Untukmu

0 comments:

Post a Comment